Puasa Tahap 1

Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa mulai terbit matahari hingga terbenam matahari (Menurut istilah dalam pandanan islam). Kali ini dikelas kepompong mendapatkan tugas untuk puasa tapi bukan bukan makan atau minum tetapi puasa dari apa yang sesuai dengan mind mapping atau yang bisa mendukung tercapainya mind mapping.

Saat tugas awal kepompong ini dirilis, anak-anak sudah 3 hari libur karna wabah Covid-19 sudah mulai masuk ke kota medan. Akhirnya, Pemerintah kota Medan mengambil tindakan untuk meliburkan sekolah hingga 31 Maret 2020 awalnya dan akhirnya kemarin memperpanjang libur hingga 28 Mei 2020 karena wabah Covid-19 semakin menyebar.

Disaat anak-anak dirumah, ibu diranah domestik juga bertambah tugasnya mulai dari guru, temen main, memasak dan mengASIhi. Dengan, bertambahnya aktivitas dan mengevaluasi diri mengambil keputusan untuk berpuasa gadget. Puasa Gadget maksudnya tidak melihat sosial media semacam Facebook, Istagram, Telegram. Hanya mengandalkan Whatsupp dan memang melihat Whatsupp hanya diwaktu tertentu maksimal 2 jam sehari kurun waktunya. Jika memungkinkan harus kholas 1 juz tilawah baru membuka Whatsupp baru mendapatkan badge Excelent.

Memilih standar tilawah 1 juz satu hari dan One Day One Ayat hafalan untuk mengkonsistenkan diri karena selama ini walaupun sudah mengikuti ODOJ dan ODOS tetapi sangat jauh dari maksimal, dikarenakan sibuk dengan social media.

Alhamdulillah setelah melakukan puasa selama 1 minggu, challange yang diberikan masyallah ternyata manfaat nya luar biasa yang dirasakan, karena ternyata dengan tidak menyibukkan diri membuka gadget menyelesaikan tilawah dan hafalan menjadi sesuatu keharusan seperti sebelumnya memegang gadget. Karena dengan membuka Gadget seperti FB atau IG seperti ada bisikan untuk sekedar stalking atau melihat info yang akhirnya menyibukkan diri di sosial media. Hanya saya memang untuk pelaku olshop seperti saya FB dan IG membantu untuk promosi barang. Nah kedepan tantangannya harus bisa mengkandang waktu hanya melakukan promosi saja di FB atau IG.

Target puasa ini insyallah akan terus dijalankan, dan akan memodifikasi untuk promosi olshop agar tetap berjalan, dan target harian terutama hafalan, murajaah dan tilawah dapat tercapai dengan maksimal. Semoga Wabah Covid -19 segera berlalu dan masa kepompong ini memang moment yang sangat pas untuk hibernasi diri kearah yang lebih baik untuk mendekatkan diri kepada Sang Ilahi. Tetap Semangat semoga bermanfaat.



#puasatahap1
#kelaskepompong
#bundacekatan
#institutibuprofesional


💙💙💙💙💙💙💙💙
Salam Ibu Profesional

Komentar

Postingan Populer