Kekerasan Seksual pada Anak


Tahukah anda sepanjang tahun 2017 Komisi Perlindungan Anak Indonesia ( KPAI ) menemukan 116 kasus kekerasan seksual terhadap anak?

Dimana kebanyakan pelakunya adalah orang terdekat anak seperti keluarga dekat, teman dan orang yang dikenal akrab oleh anak. Sekitar 87% pelaku dan korban sudah saling kenal.

Berita terakhir adalah kasus pedofilia yang dilakukan oleh WS atau akrab disapa Babeh yang sudah mensodomi 41 anak di Tangerang.

Ini sangat mengkhawatirkan yah. Bagaimana jadinya dengan nasib bangsa kita dimasa mendatang?
Rata-rata para pelaku itu adalah sosok yang ramah, mau diajak bermain dan penuh perhatian.




Bayangkan apa jadinya jika semua korban pedofilia tersebut itu akhirnya menjadi pelaku? Jika tidak mendapatkan trauma healing.




Bagaimana solusinya?

1. Ajarkan anak tentang Fitrah Seksualitas sejak dini sesuai dengan tahapan usianya. Fitrah seksualitas adalah bagaimana seseorang bersikap dan bertingkah laku layaknya seorang lelaki sejati atau perempuan sejati.

2. Perhatian dan kasih sayang yang cukup dari ayah ibu.
Bangun dan perkuat kembali bonding dan kelekatan antara orang tua dan anak.

3. Kemampuan berpikir kritis. Ajarkan anak cara melindungi tubuhnya dengan mengajarkan sentuhan baik, sentuhan bingung dan sentuhan buruk.

Ajarkan juga anak tentang pemakaian Handphone, positif dan negatifnya. Bahwa ia bisa menggenggam dunia dengan satu buku jarinya dengan handphone dan internet ditangannya. Sebelum anak diberikan handphone jelaskan terlebih dahulu segala kemungkinan terburuk yang bisa terjadi.




Terakhir mari sama-sama kita saling menjaga karena

“ It take a village to raise a child “

Komentar

Postingan Populer