Pendidikan Fitrah Seksualitas masa Aqil Baligh

seru nih pendidikan aqil baligh walaupun anak2 masih di usi balita tapi pendidikan untuk masa2 ini sangat penting sebelum terlambat.

Secara bahasa aqil artinya adalah orang yang berakal, baligh artinya adalah sampai.

Sedangkan secara syara’, baligh artinya adalah seseorang yang telah sampai pada masa pemberian beban hukum syariat. Dan disebut juga dengan taklif. 

Dengan adanya beban dan tuntutan itulah kemudian ia disebut sebagai mukallaf, yaitu seseorang yang telah diberikan beban syariat untuk mengamalkannya. Dari sinilah kemudian timbul istilah yang disebut sebagai aqil baligh , yaitu seseorang yang telah sampai pada masa baligh dan memiliki akal sehat.

Rosululloh bersabda, “Diangkatkan pena (tidak diberi beban hukum)atas tiga (kelompok manusia), yaitu anak-anak hingga baligh, orang tidur hingga bangun, dan orang gila hingga sembuh.” (HR Abu Dawud).

Fase pre aqil baligh (10-14) adalah fase kritis dimana ketika usia 10 tahun anak boleh dipukul ketika meninggalkan sholat tentu pukulan yg tidak melukai tetapi sebaiknya jangan sampai dipukul karena ada waktu yg cukup dari usia 7 tahun ketika perintah sholat mulai dikenalkan.  "Boleh dipukul" adalah warning mengingat mereka akan menjalani fase pendidikan terberat sepanjang masa anak-anaknya.

Perubahan fisik pun terjadi pada masa ini baik perempuan maupun laki2. untuk laki2 ada pertambahan tinggi badan, tumbuhnya rambut dibagian tertentu, perubahan kulit, otot dan suara. Sedangkan perempuan ditambah perubahan pinggul dan payu dara.

Tahap ini anak laki2 bisa didekatkan dengan ibu agar seorang laki-laki  di masa balighnya sudah mengenal ketertarikan kepada lawan jenis, maka di saat yg sama juga harus memahami secara empati langsung dr sosok ibunya, bagaimana lawan jenis harus diperhatikan, dipahami dan diperlakukan dari kacamata perempuan bukan laki-laki. Bagi anak lelaki, ibunya harus menjadi sosok wanita ideal pertama baginya sekaligus tempat curhat.

kadang masalah akan timbul saat:
1. masih tabu berbicara reproduksi
2. peran ayah dan ibu belum terbagi jelas
3. orang tua bukan termpat curhat pertama

nah dengan masalh inilah maka akan terjadi kasus yang seharusnya tidak terjadi akan terjadi seperti hamil diluar nikah karna orang tua tidak melaksanakan fitrah keayahan dan keibuan sehingga akan banyak kasus hamil diluar nikah, aborsi, kekerasan seksual nahkan penyakit LGBT.

Maka diharapkan fitrah peran ayah dan fitrah peran ibu dilaksanakan dengan baik oleh orang tua sehingga dapat mengedukasi anak2 saat pra aqil balik khususnya.



Pemaparan bunda elly risma https://www.youtube.com/watch?v=QmICOhO5P9A sebagai oleh2 penutup

Komentar

Postingan Populer