Kesadaran Fitrah Seksualitas

Belajar bersama mengumpulkan informasi, mendadak menjadikan semangat kewaspadaan itu menyebar diantara kita para otangtua mengenai kondisi aktual sekarang. Kita benar-benar harus lebih aware tentang masa depan anak2 kita para generasi alpha dan milenial yakni para kids jaman now.. Tantangan kita teramat berat.


fitrah seksualitas adalah cara berpikir, merasa, dan mengekspresikan diri sesuai fitrahnya sebagai laki-laki sejati atau perempuan sejati, dan tentu saja kelak akan berpasangan dan menikah dengan beda jenis kelamin.

Seberapa penting???

PENTING BANGET, NGET! Kenapa? Karena dengan kesadaran yang dimiliki sesuai fitrah jenis kelaminnya, akan berperan besar terhadap sebuah peradaban. Peradaban itu dimulai dari manusia terkecil, individual, kemudian keluarga. Bila identitas jenis kelaminnya saja sudah bingung, tentu saja yang merupakan akar peradaban, akan membuat peradaban berada di ambang kehancuran.

Contoh peradaban itu hancur itu apa ya?
Salah satu yang lagi booming dan terus meningkat yaitu kasus LGBT ini. LGBT ini sudah dinyatakan bukanlah penyakit. Namun, ia kerap bisa menularkan melalui pemikiran. Banyak sekali pendukungnya, mulai dari para aktivis HAM, media, negara-negara maju, artis atau tokoh masyarakat. Kalau dari internal bisa karena hilangnya peran orang tua atau pernah menjadi korban yang kemudian berubah menjadi pelaku. 
Dampak LGBT terhadap peradaban: membuat adanya pernikahan sesama jenis kelamin, mulai berupaya punya anak melalui sewa rahim, dan munculnya banyak kejahatan seksual. Udah jelas sekali dampak paling krusial, menghilangkan tatanan keluarga, menghilangkan garis keturunan, dan peradaban manusia yang baik. 
Padahal dalam Islam, QS R Rum:21, sudah dijelaskan bahwa Allah menciptakan manusia itu secara berpasangan, perempuan dengan laki-laki.

Lantas  seberapa progressive gerakan LGBT ini? Yuk, kita cek di gambar selanjutnya..

Fitrah Seksualitas yaitu totalitas kepribadian seseorang, mencakup perasaan, cara berpikir, cara mengekspresikan dan merespon sesuatu, bagaimana berbudaya, bagaimana bersosial, dsb.

Pendidikan seks membahas segala hal mengenai alat kelamin dan bahwa organ tersebut membedakan jenis kelamin laki-laki dan perempuan. pendidikan seksualitas adalah pendidikan membangun kepribadian seseorang sesuai dengan jenis kelaminnya.

1.7 cara meningkatkan fitrah seksualitas, - mendekatkan diri dan keluarga kepada Al-quran dan sunnah, mengajarkan nasab dan rasa malu. - Mengokohkan proses pendidikan baik itu di rumah maupun di sekolah. - Perbanyak kelekatan bersama anak serta hadir dan terlibatlah dalam proses pengasuhan. - Menjaga lingkungan baik. - Mengajarkan beladiri. - Mengajarkan bahwa laki-laki dan perempuan itu berbeda. - Perbanyak kegiatan positif


2. mengetahui peran ayah dan ibu masing-masing

3. melihat kurikulum pendidikan fitrah

Menyadarkan fitrah seksualitas itu dilakukan sejak dini. Sesuai dengan pendidikan fitrahnya anak sejak usia 0-14 tahun. Harapannya kelak setelah anak menjadi mukalif ia dapat mengemban peran nya dalam peradaban pada usia 15 tahun.

⚠4 PRINSIP DASAR PEDE BICARA SEKS DENGAN ANAK⚠

1. YAKIN, ORANGTUA ADALAH PENDIDIK UTAMA DAN PERTAMA SEKSUALITAS ANAK

Orangtua wajib menjadi pendidik utama dan pertama seksualitas anak karena ia adalah amanah yang Tuhan berikan dan kelak kita akan diminta pertanggungjawabannya. 
Anak kita lahir dengan fitrah, amanah kita adalah menjaga fitrahnya terjaga hingga salah satu dari kita kembali pada Sang Pencipta. 
Jika orangtua tidak menjadi pendidik utama dan pertama, orangtua akan perang dengan ‘entah siapa di luar sana’.
~~~~~~ 
"Dan hendaklah takut kepada Allah, orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka, anak-anak yang lemah, yang mereka kuatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertaqwa kepada Allah, dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar." – (QS.4:9)

2. PENDIDIKAN SEKSUALITAS WAJIB BERDASARKAN LANDASAN AGAMA
Ilmu dunia adalah ilmu yang berkembang, apa yang benar saat ini dapat disempurnakan seiring perkembangannya. 
Sedangkan ajaran agama adalah ilmu yang sudah dijamin kebenarannya sampai kapanpun. 
"Aku tinggalkan kepada kalian dua perkara yang kalian tidak akan tersesat selamanya selama berpegang teguh dengan keduanya, Kitabullah dan Sunnah" (HR. Malik)

3. KELUAR DARI TABU DAN SARU
Dulu, tidak banyak dari kita yang diajarkan oleh orangtua mengenai pendidikan seks. Namun kita tumbuh menjadi pribadi yang baik. 
Mengapa? Karena orangtua adalah satu-satunya sumber informasi bagi anak. 
Anak-anak malu sekali untuk membicarakan hal itu dengan orang lain, apalagi dengan teman sebaya. Habis diolok-olok jadinya. 
Sekarang, jika malu bertanya pada orang lain, anak akan bertanya pada internet. Apa yang ia dapat? SEGALANYA! Bahkan yang tidak boleh ia dapatkan. 
Tinggalkan tabu, apalagi hal ini adalah hal yang besar dan begitu serius diatur dalam agama. Begitu besar kerusakan yang terjadi akibat permasalahan terkait hal ini. Ingatlah, Islam menjelaskan tentang seksualitas dengan gamblang. 
Perbaiki komunikasi yang benar, baik, dan menyenangkan sehingga terbentuk kelekatan, kedekatan, dan kualitas komunikasi yang erat. 
Dapatkan kepercayaan dan rasa nyaman anak kita, karena tidak mungkin kita bisa bicara tentang seksualitas (apalagi seks) jika anak merasa berjarak dengan kita. 
“Dan mereka diberi petunjuk kepada ucapan-ucapan yang baik dan ditunjuki (pula) kepada jalan (Allah) yang terpuji.” (Al Hajj : 24)

4. TERUS TAMBAH ILMU DAN WAWASAN
Sebenarnya, menuntut ilmu adalah kewajiban bagi seorang muslim. Jika untuk urusan menunaikan amanah, tentu menjadi lebih penting lagi. 
AlQuran dan Sunnah menyebutkan perintah agar berilmu sebelum beramal. Pepatah arab mengatakan amal tanpa ilmu umpama orang buta tanpa tongkat.
Sediakan waktu khusus untuk menimba ilmu dari buku penunjang seperti ensexklopedia, artikel terpercaya di internet, atau menghadiri seminar dan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan cara menyampaikan. 
“Menuntut ilmu adalah wajib atas setiap muslim” (HR Bukhari)
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
Sumber: Yayasan Kita dan Buah Hati 
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰





Komentar

Postingan Populer